oenoeltraveler

a happy & lucky traveller

Memilih Penginapan di Eropa

pada September 15, 2015
Pemandangan di Volendam , Belanda saat musim panas ( yang mendung ) .

Setelah Itinerary selesai , tahapan selanjutnya adalah menyempurnakan Booking-an Hotel . Kalau sebelumnya untuk keperluan pengajuan Visa Schengen di Kedubes Jerman saya wajib “menampilkan” Jerman sebagai tujuan utama dengan cara memasukkan beberapa kota di Jerman sebagai tujuan perjalanan  , namun setelah Visa granted saya bebas untuk merevisi baik itu rute perjalanan maupun booking-an hotel .

Menentukan Penginapan

Lokasi merupakan syarat utama dalam memilih dimana kita akan bermalam , ideal-nya di pusat kota adalah pilihan yang nyaman karena selain akses transportasi mudah dijangkau , banyak tersedia pilihan restoran juga toko penyedia souvenir . Kalau jeli mencari & nasib lagi mujur kita bisa mendapat hotel/hostel/apartment di city centre dengan tarif yang bersahabat jadi rajin-rajinlah menengok di website : booking.com , agoda.com , hostelbookers.com , dll. karena tanpa diduga terkadang ada promo/penawaran rate yang ajaib .

Selama ini setiap bepergian khususnya ke Luar Negeri , saya selalu memanfaatkan Booking.com . Disamping karena banyak pilihan Hotel yang tanpa meminta deposit sebagai persyaratan booking juga opsi “free cancellation” dengan syarat & ketentuan berlaku , nyata-nya di kemudian hari terbukti mereka sangat membantu ( baca : bertanggung jawab )  pada saat ada kesalahan dalam metode pembayaran .

Ceritanya saya booking Hotel di Frankfurt dengan jaminan kartu kredit , saya sengaja memilih metode free cancellation & biaya hotel akan dibayarkan pada saat tiba di sana ( check in ) dengan tujuan apabila saya ingin mengganti rute dan/atau batal berkunjung ke Frankfurt booking-an tersebut biasa saya batalkan tanpa terkena penalty .

Tanpa di-nyana kartu kredit saya terpotong senilai  total booking-an , tanpa berpikir panjang saya melayangkan protes ke Booking.com dengan mengirimkan email disertai Billing kartu kredit & Booking Confirmation . Protes senada juga saya sampaikan langsung ke pihak Hotel melalui email . Saya acungkan jempol untuk Booking.com yang merespon cepat komplain saya dengan membalas email & menghubungi saya langsung melalui telpon .  Hanya dalam hitungan hari pihak Hotel di Frankfurt tersebut me-refund 100% senilai yang sudah di potong di kartu kredit saya disertai permohonan maaf karena kesalahan tersebut .

Untuk trip selanjutnya , Booking.com tetap akan menjadi pilihan utama saya dalam mencari & memilih penginapan .

Hotel adalah sarana untuk istirahat/tidur di malam hari jadi rasanya bagi kami cukup bermalam Hotel bintang 3 atau yang setara ( kecuali kalau ada promo Hotel bintang 4/5 seharga bintang 3 kebawah he he he , kalau dapat ya hukumnya wajib untuk disikat  ) .

Hotel Pilihan ( sekaligus ) Rekomendasi

Berikut Hotel/Hostel/Guest-House/Apartment yang saya pilih selama perjalanan kami di Eropa bulan Juli-Agustus 2015  :

Bruges , Belgia : Value Stay Bruges

Tarifnya € 98/ 2 malam merupakan Guest-House yang berlokasi di tengah hunian penduduk ( perumahan ) sehingga suasananya tenang . Walaupun lokasi bukan di pusat kota namun pemberhentian bis ada tepat di depan Guest-House jadi akses ke city-centre bukan menjadi masalah .

Value Stay Bruges , Belgia

Salah satu sudut di pusat kota Bruges , Belgia

Amsterdam , Belanda : Ibis Budget Zaandam

Tarifnya € 135 / 2 malam ( private bed-room dengan kamar mandi di dalam , tanpa sarapan ) . Kamar-nya walau mini namun bersih & nyaman , proses check-in/out cepat , Letaknya memang agak di luar kota Amsterdam namun pemberhentian bis bisa dijangkau berbelas langkah saja dari Hotel . Oh ya naik bis dari depan Hotel untuk menuju Zaanse Schans hanya di tempuh sekitar setengah jam saja .

Z.Schans 1

Zaanse Schans , Belanda

Copenhagen , Denmark : Cabinn Scandinavia

Tarifnya DKK 1.350 atau setara dengan € 181 / 2 malam . Dari semua Hotel yang kami inapi selama di Eropa ini yang termahal , private bedroom dengan kamar mandi sangat kecil , tempat tidur bertingkat yang hanya cukup untuk ukuran standar manusia , berikut penampilannya :

cukup untuk berbaring 1 orang dgn ukuran badan standar he3 ...

cukup untuk berbaring 1 orang dgn ukuran badan standar he3 …

Tidak banyak pilihan Hotel dengan budget dibawah € 100 / semalam mengingat Copenhagen merupakan salah satu kota termahal di Eropa . Hotel ini saya pilih karena dekat dengan FORUM Metro Station , dengan berjalan kaki tidak lebih dari 15 menit kita sudah tiba di stasiun ini & siap berpergian membelah kota Copenhagen .

Berlin , Jerman : Georghof Hotel Berlin

Tarifnya € 90.45 / 2 malam , kamarnya cukup luas dan bernuansa klasik dengan kamar mandi di dalam . Tanpa AC namun ada jendela lebar yang berfungsi sebagai pergantian udara . Tarif tergolong cukup murah & strategis karena dekat dengan Frankfurter Allee U-Bahn Station , dengan kereta bawah tanah siap menemani kita ke pusat kota kurang dari 10 menit .

Praha , Rep. Ceko : Hotel Aida

Tarif € 88 / 2 malam plus breakfast yang lumayan komplit & enak , kamar yang kami pilih private bed-room dengan kamar mandi dalam . Walaupun kategori Hotel bintang 4 sayang-nya tidak ada lift & tanpa AC namun cukup nyaman & yang utama-nya tarif ramah dikantong . Tidak sampai 15 menit berjalan kaki akan sampai di KOBYLISY Metro Station ,  pemberhentian bis juga tidak jauh letak-nya dari Hotel .

Breakfast di Hotel Aida Praha

Wina , Austria : Apartment Steinbauergasse

Tarif nya € 118 / 2 malam , unit nya luas dan lapang dengan jendela-jendela besar untuk pergantian udara sebagai pengganti AC , tersedia perlengkapan masak yang cukup memadai & kamar mandi dalam . Saya rekomendasikan bagi yang ingi bermalam di Wina , pemberhentian bis ada di seberang Apartment & hanya membutuhkan tidak lebih dari 15 menit naik bis untuk sampai di pusat kota . Bagi yang suka kebab – letaknya persis di sebelah Apartment .

Budapest , Hungaria : Apartment Krisco

Tarif € 42.5 / semalam , cukup murah dengan apa yang kita dapatkan . Tersedia 2 kamar tidur , kamar mandi , sofa , dapur beserta perlengkapan masak yang cukup lengkap . Lokasi tepat di pusat kota , untuk transportasi-nya cukup berjalan kaki tidak sampai 10 menit sampailah kita di pemberhentian bis terdekat yang bisa membawa kita ke seluruh penjuru kota Buda & Pest .

Roma ,  Italia : Dem Guest House

Tarif € 105.56 / 2 malam termasuk light-breakfast , kopi/teh tersedia 24 jam di mesin pembuat kopi/teh yang dipakai bersama dengan penghuni kamar lainnya . Semua kamar ber-AC & menyediakan kamar mandi dalam . Cukup strategis karena lokasi berada di sekitar Stasiun Termini , anda bisa menggunakan bis atau kereta menuju spot turis yang di kehendaki ( termasuk Vatican ) .

Munich , Jerman : Hotel Astor

Tarif € 178 / 2 malam , private bedroom & kamar mandi dalam tapi tanpa sarapan . Dengan tarif yang bagi kami lumayan mahal namun sepadan dengan lokasi yang strategis karena dekat dengan stasiun/metro , cafe , restoran & toko kue juga banyak terdapat disepanjang jalan di sekitar Hotel .

Paris , Perancis : Hotel Altona

Tarif € 64.10  / semalam , private bedroom + kamar mandi dalam tanpa sarapan . Berjalan kurang dari 15 menit akan sampai di Stasiun Gare du Nord . Hotel ini sengaja saya pilih karena untuk penerbangan balik ke Jakarta keesokan harinya melalui Paris CDG  bisa dijangkau dari stasiun ini menuju ke Airport .

Catatan :

1. Tarif hotel tersebut diatas berdasar perjalanan yang kami lakukan antara tgl. 16 Juli sampai dengan 3 Agustus 2015 atau bersamaan dengan Musim Panas di Eropa . Bisa jadi tarif akan lebih murah kalau bermalam bukan di Peak/High-Season.
  2. Overall , semua penginapan yang saya pakai cukup memadai bagi pasangan/teman/keluarga yang menginginkan privasi atau bagi yang kurang suka berbagi kamar dengan traveller yang lain .

Mohon maaf jikalau foto /penampakan outside & inside Penginapan tidak memadai karena biasanya sampai sudah dalam kondisi lelah jiwa-raga jadi hilang nafsu untuk mengambil gambar .

Untuk ringkasan biaya perjalanan akan saya sampaikan di postingan berikut nya …